06 June 2012

khasiat mandi pagi


Mandi pagi. Nampak mudah kan, tapi sebenarnya susah nak dibuat. Melainkan kalau dah terbiasa. Alah bisa tegal biasa. Kenapa lah tiba-tiba aku nak cerita fasal mandi pagi kan? sebabnya aku terbaca satu tweet ni, jadi terus aku mandi pagi. hehe




Sebenarnya banyak khasiat mandi pagi ni, walaupun ramai tak berapa nak suka. Yela bayangkan dah la waktu pagi tu sejuk ya amat, ditambah lagi dengan siraman air yang dingin pada setiap inci badan yang akhirnya membuatkan seluruh tubuh menggigil kesejukan. Memohon simpati agar dihangatkan. 



Aku cuba cari, apa manfaat mandi pagi ni. Usai aku selongkar laman sesawang yang sangat bersawang, akhirnya jumpa la beberapa laman yang menyediakan info tentang khasiat mandi pagi ni. Antara khasiatnya;


Mandi pagi dengan air dingin mampu melancarkan peredaran darah.
Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

2.      Mandi pagi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih.
Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

3.      Mandi pagi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi.
Mandi air dingin juga menurunkan timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

4.      Mandi pagi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan.
Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita, yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

5.      Mandi pagi dengan air dingin memperbaiki kesehatan jaringan tubuh.
Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal. Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

6.      Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat.
Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin?
Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

7.      Mandi pagi dengan air dingin berkhasiat meredakan depresi.
Mandi pagi dengan air dingin juga menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan memberikan semangat menjalalni aktifitas sehari-hari



Inilah sebahagian khasiat mandi pagi. Jadi, amalkan lah yer, jangan takut nak mandi pagi, lawan lah kesejukan itu dengan semangat yang kuat. Kalau mandi pagi pun anda dah tewas, inikan nak lawan kehidupan dunia yang lebih berpanca masalah. Selamat beramal ~


3 comments:

UniMeOw said...

wahh kna cari kamus indon ni..

hehe nak mandi kol 3pg la!! :p

chekgu Azam Aziz said...

hahaha tapi faham la jugak kan, hehehe sory, just copy and paste je, malas nak translate, sbab agak sama kan bahasa =)

fajar said...

trimakasih infönya mind..

lain-lain cerita jiwa saya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...